Seni ukir buah

 Seni Mengukir Buah(Fruit Carving)


Oleh : Zamakhsyari

Seni ukir buah (fruit carving) adalah seni menghias dengan bagian-bagian cekung dan bagian-bagian cembung yang tersesun membentuk pola menyerupai tumbuhan, hewan, wajah, atau bahkan pemandanganl. seni ukir buah biasa diterapkan pada media buah seperti melon, semangka, pepaya, dan lain-lain. Seni ukir buah banyak berkembang di Thailand, Tiongkok, dan Jepang


Dalam seni Fruit Carving, seseorang akan memahat dan mengukir sebuah buah menggunakan alat-alat yang cukup sederhana yaitu, cutter, pisau bergerigi dan tusuk gigi jika diperlukan. Atau menggunakan alat khusus. Yang paling umum adalah pisau ukir. pisau yang digunakan pun bervariasi, dan memiliki fungsinya masing – masing ada yang berujung bengkok, untuk membuat guratan melengkung, ada yg berujung panjang, dan runcing, biasanya digunakan untuk membuat guratan kecil, dan tajam, serta ada juga yang berbentuk seperti pahat, dan memiliki bentuk yang berbeda – beda, yang berfungsi untuk membuat guratan menyerupai kelopak bunga, dan masih banyak jenis pisau lainnya.




Fruit Carving berfungsi sebagai pemanis sajian makanan besar pada pesta. umumnya ada pada sajian tumpeng, hidangan dessert atau sajian buah-buhan. fungsi lain seni ukir buah ini adalah selain mempercantik hidangan juga dapat membangkitkan selera makan. dalam sebuah pesta tentu tidak hanya meperhatikan keindahan dan kemegahan pesta itu sendiri , tapi harus memperhatikan suguhan hidangan yang disajikan pula tentunya.Seni  fruit carving butuh ketelatenan dan kelihaian dalam menuangkan imajinasi ke dalam media carving dengan memadukan gerak motorik halus jari-jari dan kelihaian mata.


Sumber :

http://meldyiam.blogspot.co.id/2013/04/tentang-fruit-carving-alat-alat-dan.html




Comments

Popular Posts